Selasa, 20 Maret 2012

Pengendali 7 Segment dengan ATMEGA8535

Seperti LED yang disusun paralel, 7 Segmen juga memiliki konfigurasi common, yakni Common Anode (CA) dan Common Cathode (CC). Kalau kita beli komponen ini di toko elektronik, pasti ditanyain “mau yang CA apa CC?”. Nah, sedikit cerita, dulu pernah saya ditanyain kaya gitu ta jawab aja asal, “yang CC mbak…”. Padahal saya ga ngerti CC tu apaan..cara nyalainnya gimana aja ga ngerti.hehe..Semoga setelah membaca artikel ini, bagi yang belum tahu apa itu CA dan CC, jadi tahu dan ngga bingung kalo ditanyain di toko elektronik.
Informasi umum konfigurasi pin:
Seperti namanya, 7 segment memiliki segmen-segmen yang berjumlah 7 buah (+1 buah tapi bentuknya bulat – dp / dot point) yang diberi nama a,b,c,d,e,f,g dan dp. Jadi kalau kita ingin menyalakan angka “8″, maka kita harus menyalakan a-g. Pin “com” merupakan common dari 7 segmen. Apabila CA, berarti untuk menyalakan 7 segment, pin “com” harus diberi logika 1 (high) dan data a-dp di beri logika 0 (low). Sebaliknya, apabila CC, berarti untuk menyalakan 7 segment, pin “com” harus diberi logika 0 (low) dan data a-dp di beri logika 1 (high).
OK, mari kita coba saja simulasinya. Pertama-tama kita buat rangkaiannya di proteus.Disini saya gunakan microcontroler ATMEGA8535 atau bisa juga AT90S8535 dan 7 segment CC.


Seperti rangkaian LED, bila digunakan rangkaian sebenarnya, harap Sebelum 7 segmen di beri Resistor minimal 330 Ohm ditiap tiap segmen untuk membatasi arus yang masuk ke 7 segmen agar tidak rusak.
Buka BASCOM AVR, ketik, compile, dan download program “menampilkan angka 5 pada 7 segment” dibawah ini
 1 $regfile = "8535def.dat"
 2 $crystal = 8000000
 3
 4 Config Portc = Output
 5
 6 Segment Alias Portc
 7
 8 Do
 9   Segment = &B01101101
 10 Loop

1 komentar:

  1. Bagaimana konfigurasi 7 segment 6 digit dengan driver transistor beserta program sederhana untuk mengaksesnya?

    mohon penjelasannya k argo.satrio@gmail.com

    terim kasih

    BalasHapus

Footer Widget 3