BELAJAR - MIKROKONTROLER

Berbagi Ilmu Itu Indah

Recent Posts

LightBlog
Responsive Ads Here

Selasa, 20 Maret 2012

Counter 2 Digit dengan Frekuensi 1 Hz

Beberapa teman sering bertanya "Bagai mana caranya membuat Jam Digita atau Stopwatch?"
kok Jam Digital atau Stopwatch? karena prinsip dasar dari keduanya adalah sama. Sebetulnya untuk membuat Jam Digital ataupun Stopwatch kita harus mengetahui bahan-bahan yang akan kita gunakan. misalnya menggunakan IC TTL atau mikrokontroler.
Disini saya hanya akan menunjukan rangkaian yang menggunakan IC TTL, karena IC TTL merupakan dasar dari IC Logika. Berbeda dengan mikrokontroler yang lebih ditekankan pada aplikasi programnya.

Pada artikel berikut ini saya tidak menjelaskan sistem dari Jam Digital atau Stopwatch secara keseluruhan, tetapi hanya dasar-dasar dari rangkaian pembangun saja. Jadi saya hanya menjelaskan rangkaian Counter 2 Digit dengan frekuensi 1Hz. Dan hanya menekankan pada rangkaian Couter saja. Dibawah ini merupakan Rangkaian Couter 2 Digit yang di buat menggunakan IC counter 74HC393 sebagai komponen utama. Di dalam IC 74HC393 terdapat 2 buah counter yang bisa kita gunakan sebagai penghitung satuan dan puluhan, sehingga bisa menghasilkan 2 Digit. Untuk satuannya kita akan mengatur supaya menghitung dari 0-9, sedangkan untuk puluhan kita atur supaya menghitung dari 0-5. Hal ini supaya hasil akhir dari perhitungan adalah dari 0-59 yang akhirnya nanti dapat membentuk hitungan detik. Sedangkan menit dan jam dapat memodifikasi rangkaian tersebut sedemikian rupa sehingga menjadi rangkaian kompleks.
Gambar 1. Rangkaian Counter 2 Digit dengan IC 74HC393

Sumber Clock atau Frekuensi yang saya gunakan adalah berasal dari FG(Function Generator), supaya rangkaian lebih terlihat sederhana. Jika ingin menggunakan sumber Clock yang ingin selalu tarpasang dengan rangkaian, dapat mengginakan rangakain Multivibrator yang menggunakan IC NE555 atau dari kristal.
Clock digunakan sebagai masukan ke Clock pada IC 74HC393 blok ke-1 (U1:A) yang di gunakan sebagai penghitung satuan. output dari IC 74HC393 blok ke-1 (U1:A) digunakan sebagai input ke IC 74HC47 (BCD) sebagai pengkonversi data biner menjadi desimal. Agar satuan hanya menghitung sampai angka 9, maka gunakan gerbang AND (U4) untuk me-reset sekaligus segbagai sumber clock untuk blok counter berikutnya. masukan garbang AND (U4) adalah dari Q1dan Q3 supaya pada hitungan sepuluh IC 74HC393 blok ke-1 (U1:A) reset dan hitungan akan mengulang dari 0.

Clock yang masuk ke IC74HC393 blok ke-2 (U1:B) akan meng-count Blok ke-2 tersebut sehingga menghasilkan hitungan yg sama dengan Blok ke-1. Agar Blok ke-2 hanya menghitung sampai hitungan ke-5, maka digunakan gerbangAND (U5) sebagai pengontrol yang akan me-reset counter blok ke-2. Masukan gerbang AND (U5) adalah dari Q1 dan Q2 supaya pada hitungan ke-6 blok ke-2 akan reset. Sehingga hitungan akan dimulai kembali dari 00.

4 komentar:

  1. maaf kalau komponen" pendukung pada rangkaian apa bs disebutkan.. trima kasih

    BalasHapus
  2. mas kalau untuk menit dan jam bagai mana ya

    BalasHapus
  3. pak minta data set nya guntur elektro 2

    BalasHapus
  4. Kak coodingnya itu gimana ya? Boleh minta gak kak

    BalasHapus